SUPPLY CHAIN PADA PRODUK BISKUIT KALENG
Nama : Rangga Dwi D
Kelas : 4KA16
NPM : 11109329
DISKUSI
Untuk produk biskuit
kaleng yang dipasarkan di pasar lokal dan juga ke beberapa negara tetangga,
perusahaan apa sajakah yang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut
di sebuah supermarket?
Gambarkan supply chain dari produk ini.
SCM (SUPPLY CHAIN MANAGEMENT) PRODUKSI BISKUIT KALENG
Dalam sebuah perusahaan biskuit kaleng, Apakah mungkin mereka memproduksi bahan baku pembuat biskuit itu sendiri ?, Tentu saja mungkin tapi untuk alasan efisiensi dan memaksimalkan produksi tentu saja perusahaan lebih memilih untuk mengalihkan bahan pokok pembuat biskuit kepada perusahaan lain, dan tentu saja harus menjalin kerjasama antar perusahaan biskuit dengan perusahaan pemasok bahan pokok pembuat biskuit. Untuk inilah SCM dibutuhkan, nah SCM itu sendiri merupakan sebuah ‘proses payung’ di mana produk diciptakan dan disampaikan kepada konsumen dari sudut struktural. Sebuah supply chain (rantai suplai) merujuk kepada jaringan yang rumit dari hubungan yang mempertahankan organisasi dengan rekan bisnisnya untuk mendapatkan sumber produksi dalam menyampaikan kepada konsumen.
Tujuan yang hendak dicapai dari setiap rantai suplai (Supply Chain) adalah untuk memaksimalkan nilai yang dihasilkan secara keseluruhan Rantai suplai yang terintegrasi akan meningkatkan keseluruhan nilai yang dihasilkan oleh rantai suplai tersebut.
Nah, Untuk memproduksi biskuit kaleng perusahaan harus menjalin kerjasama dengan perusahaan pemasok bahan baku utama pembuat biskuit, diantaranya pabrik gula, pabrik terigu, pabrik cokelat, pabrik susu, pabrik keju, pabrik mentega dan distributor telur. Jika semua bahan telah diproduksi menjadi biskuit apakah mungkin perusahaan langsung menjualnya ke konsumen tanpa pengepakan terlebih dahulu, tentu tidak mungkin kan!. Jadi tentu saja perusahaan harus menjalin kerjasama juga dengan pabrik kertas,pabrik kaleng & pabrik plastik untuk proses pengepakan.
Dalam diagram SCM dibawah ini dapat dijelaskan bagaimana sebuah produk biskuit kaleng sampai ketangan konsumen.
Dalam diagram SCM dibawah ini dapat dijelaskan bagaimana sebuah produk biskuit kaleng sampai ketangan konsumen.
jika dilihat gambar diatas bahan baku yang didapatkan pabrik gula,terigu dll diperoleh dari petani,peternak, dan tentu saja pabrik harus memilih bahan baku yang baik dari petani & peternak tersebut agar kualitas produksi tetap terjaga dan hubungan kerjasama dengan perusahaan biskuit kaleng semakin membaik. Untuk bagian pengepakan Pabrik Kaleng,Kertas & Plastik juga harus memilih bahan baku yang berkualitas dari para pemasok agar kualitas produksi tetap terjaga. Jika semua bahan baku telah tersedia maka Pabrik biskut siap memproduksi biskuit kaleng di pabrik Biskuit itu sendiri.
Setelah biskuit kaleng diproduksi pabrik biskuit memasarkan produk melalui distributor makanan yang lalu di distribusikan ke sejumlah supermarket, grosir atau agen yang
dapat berhubungan langsung dengan konsumen. Untuk pasar global pabrik biskuit memasarkan produknya kepada distributor internasional dan lalu mendistibusikan kepada sejumlah agen,supermarket dll.
Untuk menjalin hubungan yang baik dengan distributor dan konsumen perusahaan harus bersikap profesional dalam menghadapi masalah. Diusahakan 6 bulan sekali perusahaan menyebar angket baik melalui media social, ataupun media cetak agar bisa melihat bagaimana tanggapan konsumen terhadap produk mereka
jangan mentah2 di copy-paste ya :)
BalasHapusgimana pak sudah saya revisi :)
Hapus